Nikmatnya Olahan Ikan Rinuak, Makanan Khas Danau Maninjau

Siapa lagi yang tidak mengetahui olahan Rinuak yang berasal dari Kabupaten Agam Sumatera Barat, Danau Maninjau ini?

Sumatera Barat merupakan kota yang banyak dengan pesona hingga dengan pemandangan alam yang kaya akan keindahannya. Seperti pantai, gunung, dan lain-lain. Sumatera Barat juga cukup mempunyai pemandangan yang selalu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota ini.

Siapa sangka, selain pemandangan alamnya yang indah serta pesona alamnya yang begitu menarik ternyata Sumatera Barat memiliki kuliner khas yang merupakan asal dari daerahnya, Danau Maninjau.

Makanan ini pun tak luput dari Olahan Rinuak, yang merupakan ikan yang berbentuk cukup kecil dengan putih kekuningan di tubuhnya yang hampir mirip dengan ikan teri yang berasal dari Sumatera Utara. Ikan rinuak ini merupakan ikan yang khas berasal dari Danau Maninjau karena hanya mampu hidup di daerah tersebut saja.

Sangat menarik bukan? Olahan yang berasal dari ikan rinuak ini biasanya sangat membuat wisatawan tertarik karena bentuknya yang unik serta sangat membuat wisatawan tertarik untuk mencicipi olahan ini ketika tengah berada di Sumatera Barat.

Meskipun pandemi Covid-19 yang belum usai, ternyata Olahan Ikan Rinuak ini tidak mengalami penurunan permintaan dari para penggemar olahan ini. Bagi UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) mereka menyajikan olahan ini tanpa mengalami dampak yang cukup mengkhawatirkan.

Mereka masih menerima beberapa pesanan yang berhubungan dengan ikan rinuak ini, mengingat ikan ini hanya bisa ditemukan ketika kita sedang berada di Danau Maninjau. Sehingga, banyak yang telah mencicipi makanan ini ketika ingin mencicipinya lagi mereka pasti akan kembali memesan olahan rinuak ini di daerah Sumatera Barat.

Olahan Rinuak sendiri cukup berbagai macap, dari goreng, dendeng, rendang, dan lain sebagainya. Meskipun diolah menjadi berbagai ragam, ikan rinuak tetap menjadi makanan andalan ketika kita sedang berada di Sumatera Barat.